Rabu, 20 Juni 2012

teknik pengembangan paragraf


Tugas:
M E M B A C A





Oleh:
JAFARUDIN
A1D1 11 066

















PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DAN DAERAH
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS HALUOLEO
KENDARI
2012

1.    Dua contoh paragraf:

Paragraf 1:
Sarana penghubung juga dibangun.  Jalan-jalan dan jembatan juga diperbaiki.  Salah satu jembatan yang membuat takjub pemerintah adalah jembatan di atas Sungai Opak yang menghubungkan kelurahan Kepuharji.  Jembatan yang dibangun secara gotong royong itu hanya memerlukan biaya 5 juta rupiah.  Padahal, taksiran pemerintah adalah sebesar 15 juta rupiah.  Ternyata gotong royong sudah menjadi pola kehidupan masyarakat desa.

Paragraf 2:
Sebanyak lima dari sepuluh kota termahal di dunia berada di Asia, dengan Tokyo dan Osaka tercatat sebagai kota termahal di dunia.  Demikian menurut kajian Economist Intelligence Unit yang diterbitkan selasa, 03 April 2007.  Kedua kota besar di Jepang itu ternyata 20% lebih mahal dibanding tempat ketiga yang diduduki Hongkong bersama Singapura dan Taipeh yang juga tercatat dalam daftar kota termahal di dunia.  London yang sedang berupaya keras menarik wisatawan setelah bergulat dengan krisis dalam hal urusan makanan dan perjalanan, tampil menjadi kota keenam termahal bagi para pelancong internasional dan sebagai kota termahal di Negara-negara Uni-Eropa.  Posisi keempat diduduki kota Libreville di Afrika, New York tetap merupakan kota termahal di Amerika Serikat, sedangkan Chicago, San Fransisco, dan Los Angeles termasuk dalam kelompok 20 teratas.

2.    Tentukan kalimat utama dan gagasan utamanya!

a.    Paragraf 1:
Paragraf tersebut termasuk paragraf induktif jika dilihat dari letak kalimat uatmanya, letak kalimat utamanya adalah di bagian akhir kalimat.  Gagasan utamanya juga terkandung dalam kalimat utamanya.
Kalimat utama: “Ternyata gotong royong sudah menjadi pola kehidupan masyarakat desa.” 
Gagasan utama:  “Manfaat gotong royong.”
b.    Paragraf 2:
Paragraf tersebut temasuk paragraf deduktif jika dilihat dari letak kalimat uatamanya.  Kalimat utamanya terletak di awal.
Kalimat utama:  “Sebanyak lima dari sepuluh kota termahal di dunia berada di Asia, dengan Tokyo dan Osaka tercatat sebagai kota termahal di dunia.” 
Gagasan utama: “Kota-kota termahal di dunia.

3.    Tentukan teknik pengembangan paragrafnya!

a.    Paragraf 1:
Teknik pengembangan paragraf yang digunakan adalah teknik khusus-umum, di mana paragraf tersebut terlebih dahulu di awali dengan pernyataan-pernyataan khusus kemudian diakhiri dengan penyataan umum.

b.    Paragraf 2:
Pada paragraf ini, teknik pengembangan paragraf yang digunakan adalah teknik klasifikasi.  Paragraf ini mengelompokkan dan membandingkan tentang persamaan dan perbedaan. Namun, pengelompokkan tidak berhenti pada inventarisasi persamaan atau perbedaan. Setelah dikelompokkan, lalu dianalisis untuk mendapatkan generalisasi, atau paling tidak untuk menunjukan hierarki atau peringkat dalam persamaan atau perbedaan itu untuk diperbandingkan atau dipertentangkan satu sama lain.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar